Tips & Trik Membeli MP3 Player Portable-iPod

28 September 2009

Go to fullsize image  Apa saja yang perlu anda ketahui sebelum membeli MP3 Player portabel.Mulai dari ukuran, usia batere,headphone,kemudahan penggunaan dll.Ada beberapa tips yang anda perlu ketahui sebelum membeli MP3 player portabel diantaranya.





Tentukan player apa yang tepat anda.
Tentukan budget anda ,berapa banyak musik yang mau anda simpan.Banyaknya fitur dan besarnya kapasitas penyimpanan memori sangat menentukan harga unit.Belum tentu semua fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan anda.Pastikan fitur-fitur yang ada sesuai dengan kebutuhan agar harga dapat terjangkau dengan budget anda dan lebih optimal pemanfaatannya.


Bagai mana fitur extra.
Jika anda pendengar radio,carilah player yang menyediakan FM tuner.Layar bewarna akan bermanfaat untuk menyimpan dan melihat koleksi foto anda.Beberapa player bahkan menyediakan fitur multi media lengkap,termasuk fitur merekam suara.Pastikan kembali apakah fitur-fitur tersebut anda butuhkan atau tidak.


Apakah saya perlu men-download ?
Situs Napster dan iTunes menjual lagu dalam bentuk kompresi.Tapi jauh lebih mudah untuk nge'rip MP3 dari CD koleksi anda sendiri.rata-rata player menyertakan sofware atau download saja iTunes.


Dapatkah gunakan komputer anda ?
Periksa apakah komputer anda punya sistem memori dan kapasitas yang cukup serta OS (Operating System) yang cocok.Anda perlu soket USB (sebaiknya generasi 2.0)untuk menghubungkan player dengan komputer.Akses internet Broadband akan lebih bagus lagi.Anda bukan saja dapat men-download lagu dari toko kaset online,tapi dapat juga menyelaraskan data di Gracenote CDDB ( CD Data Base ).


Di rate berapa sebaiknya nge-rip ?
Semakin di kompres sebuah track musik akan semakin kecil bit-rate nya.jangan nge-rip dibawah 12b kpbs ( standar download online ).Makin tinggi rate,makin banyak data musikal yang tersimpan-jadi akan lebih detail.Dampaknya akan banyak makan tempat.


Apakah satu player cukup ?
Boleh saja anda membeli lebih dari satu iPod shuffle untuk sehari-hari dan liburan panjang.Tapi sebaiknya satu brand/merek, dengan begitu format file dan sofware-nya juga sama.Begitu juga dengan assesorisnya.


Daya tahan batere.
Daya tahan batere adalah hal yang perlu kita ketahui.Sebagian player MP3 hanya dapat di-charge dengan menggunakan dock atau PC.Carilah yang tahan lama minimal 10 jam,jika anda sering mendengarkan dalam jangka waktu yang cukup lama.


Kapasitas Memori.
Rata-rata memori MP3 yang memiliki memori 1 GB dapat menyimpan sebanyak 250 lagu.Beberapa player dalam bentuk yang ringan rata-rata menyediakan kapasitas memori mulai dari 512 MB hingga 4-6 GB.Sementara untuk bentuk bodi yang lebih besar  menyediakan kapasitas memori sampai 20 GB setara dengan 5000 lagu.


Media Penyimpanan.
Payer MP3 yang berbodi besar seperti iPod menggunakan media penyimpanan memori menggunakan hard disk,sementara player dengan bodi yang ramping dan lebih kecil menggunakan media penyimpanan memori berbahan solid state.Apa beda dari keduanya antara HDD (hard Disk dengan Solid State ),bedanya hanya pada daya tampung .HDD lebih besar sementara solid state lebih kecil.


Kemudahan Pemakaian.
Kemudahan pemakaian sangat penting,jangan sampai kita tidak dapat mengoprasikan tombol-tombol atau fungsi-fungsi yang ada.Ada baiknya anda mencoba dulu sebelum membeli.Pastikan setiap  anda mengetahui kegunaan dari masing-masing tombol yang ada pada unit MP3 tersebut.Jangan malu untuk bertanya setiap fungsi dari tombol atau menu yang ada.Pastikan tombol navigasi dan volume tidak merepotkan anda.


Headphone.
Headphone assesoris bawaan dari unit MP3 biasanya berkualitas standart.Dan headphone merupakan unit yang paling lemah dari iPod, anda akan mendapatkan kulitas lebih bila mau mengeluarkan dana untuk membeli yang lebih bagus.


Dengan berbagai pertimbangan ,anda dapat meng-optimalkan fitur-fitur yang ada sesuai kebutuhan dan penyesuaian dengan perangkat yang anda miliki hingga anda mendapatkan hasil yang memuaskan.





0 komentar:

 
 
 

Klik iklan dapet duit

Salam jumpa …

W@HyoeDien