Mendeteksi penurunan omset

17 Oktober 2009

Anda yang memiliki usaha retail mungkin pernah mengalami yang namanya sepi pembeli atau sedikit sekali konsumen yang datang ke tempat usaha Anda untuk berbelanja.Baik usaha toko,mini market atau pasar swalayan  atau usaha lainnya pasti pernah mengalaminya.Ada beberapa hal yang mungkin mempengaruhi konsumen untuk datang ke toko ,minimarket atau pusat belanja lainnya antara lain yang perlu Anda ketahui :


Harga
Karena barang yang dicari di minimarket biasanya adalah barang sehari-hari, maka konsumen akan mengutamakan harga yang paling murah. Apalagi biasanya mayoritas pembeli adalah ibu-ibu yang sangat sensitif harga maka selisih harga sedikit pun akan sangat berpengaruh. Siapa tahu penurunan ini terjadi setelah Anda memutuskan menaikkan harga di minimarket Anda.

Kelengkapan barang
Kelengkapan barang juga sangat mempengaruhi pelanggan untuk datang. Pelanggan akan enggan datang jika barang Anda kalah lengkap dengan toko-toko yang lain.

Lokasi
Lokasi yang strategis juga akan sangat mempengarui orang untuk datang. Jika biasanya minimarket Anda ramai dan sekarang sepi, ada beberapa kemungkinan penyebab terkait dengan lokasi yaitu ada pesaing yang lokasinya relatif lebih strategis atau ada pemindahan jalur lalu lintas atau trayek angkutan umum sehingga tidak lagi melintasi minimakrtet Anda.

Kebersihan dan kenyamanan
Hampir semua pelanggan minimarket lebih menyukai minimarket dibanding pasar becek atau toko kelontong tradisional karena tempatnya yang bersih dan nyaman, termasuk pakai AC. Jika Anda tidak mampu mempertahankan kebersihan dan kenyamanan, besar kemungkinannya pelangan akan hengkang ke tempat lain.

Ada pesaing baru
Penyebab penurunan yang paling sering dan paling cepat terasa akibatnya adalah adanya pesaing baru. Jika memang ternyata ada pesaing baru, sempatkan mampir di tokonya untuk mengamati keadaan di sana. Selanjutnya Anda tidak bisa santai-santai dan harus segera menyusun strategi bersaing yang diharapkan mampu membuat minimarket Anda survive dan terus berkembang di tengah persaingan.

Penurunan daya beli masyarakat
Secara umum, sebenarnya daya beli masyarakat saat ini masih relatif tidak mengalami penurunan berarti secara nasional. Tapi bisa saja penurunan itu terjadi hanya di sekitar lokasi usaha Anda. Nah, di sini Anda bisa melakukan investigasi, adakah penyebab penurunan daya beli di lokasi Anda? Jika tidak, maka penyebabnya tentu dari faktor-faktor sebelumnya. 


Sumber : Majalah DUIT.
(Pietra Saorsa, RFA, adalah Managing Partner Sarosa Consulting Group. Ia mengasuh kolom "Klinik Usaha" di Majalah DUIT! Ikuti kolomnya di setiap edisi Majalah DUIT!)

0 komentar:

 
 
 

Klik iklan dapet duit

Salam jumpa …

W@HyoeDien